Kamis, 11 Oktober 2012

Resep Salad Kentang Saus Mustard

Salad Kentang Saus Mustard
Resep Salad Kentang Saus Mustard - Kentang adalah salah satu umbi-umbian yang memiliki banyak sekali khasiat, baik itu bagi kesehatan kulit maupun bagi kesehatan tubuh. Ada banyak kandungan positif yang terdapat pada kentang, diantaranya Zat Pati (Amilosa), protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, belerang dan ada juga vitamin A,B, serta vitamin C. Kentang juga bisa menjadi alternatif makanan pokok bagi anda yang memiliki penyakit diabetes dan ingin mengurangi konsumsi nasi karena kentang memiliki kadar gula yang lebih sedikit dibanding nasi. Akan membosankan dan terkesan monoton jika kita mengkonsumsi kentang yang begitu-begitu saja, sebagai solusi, anda bisa membuat masakan dari kentang dengan variasi baru, contohnya adalah salad kentang saus mustard. Salad kentang saus mustard bisa menjadi solusi bagi anda yang bosan mengkonsumsi kentang yang begitu-begitu saja. Cara membuatnya pun mudah dan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat salad kentang saus mustard juga tidak terlalu sulit didapatkan, jadi tidak ada alasan bagi anda untuk tidak mencoba membuat dan merasakan nikmatnya salad kentang saus mustard ini. Penasaran bagaimana cara membuat salad kentang saus mustard ? Berikut ini adalah resep salad kentang saus mustard lengkap dengan bahan-bahan dan cara membuat salad kentang saus mustard :

BAHAN-BAHAN SALAD KENTANG SAUS MUSTARD :
  • 1 sdm minyak sayur 
  • 3 buah sosis bratwurst *) 
  • 500 g kentang, kukus, kupas, potong dadu 2 cm 
  • 150 g selada bokor, bersihkan, iris tipis 
  • 150 g selada romaine, sobek kasar **)
Bahan Saus Mustard :
  • 1 sdm mentega tawar 
  • 1 sdm bawang bombay, cincang halus 
  • 100 ml mayones 
  • 1 sdm pasta mustard 
  • 1 sdt capers, cincang kasar ***) 
  • 1 sdt gula bubuk ¼ sdt merica bubuk
  • Keju (Bahan Pelengkap)
Cara Membuat Salad Kentang Saus Mustard :
  1. Saus mustard : Panaskan wajan, setelah wajan panas, masukkan mentega tunggu hingga mentega meleleh. Tumis bawang bombay hingga tercium aroma harum. Angkat saus.
  2. Campurkan bawang bombay tumis dengan mayones, mustard, capers, gula bubuk, garam, dan merica. Aduk hingga rata lalu sisihkan. 
  3. Panaskan wajan steak bergaris. Olesi wajan steak dengan sedikit minyak, panggang sosis hingga berwarna kecokelatan. Angkat, lalu potong-potong. 
  4. Cara penyajian: Atur daun selada di atas piring saji. Letakkan kentang dan sosis di atasnya. Sajikan dengan saus mustard dan bahan pelengkap.
Keterangan :
*) Selada romaine: Sepintas bentuknya mirip dengan sawi putih, daunnya berbentuk memanjang. Bagian pinggir daun berwarna hijau, sedangkan bagian tengah daunnya berwarna putih dengan tekstur renyah. 
**) Bratwurst: Sosis khas Jerman. Memiliki diameter lebih besar dibandingkan sosis biasa. 
 ***) Capers: Acar yang berasal dari tanaman caper yang banyak tumbuh di daerah Mediterania. Dijual dalam kemasan botol kaca di supermarket besar.

sumber : femina.co.id

Ditulis Oleh : Unknown Pada Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar